Monday, 3 May 2010

HOME CARE, PELAYANAN PROFESIONAL ATAU VOKASIONAL

Monday, 3 May 2010

Saldy Yusuf, S.Kep.Ns.ETN
Clinical Advisor GRIYA AFIAT -Makasssar Home Care Specialist.

PENGERTIAN

Istilah ’Home Care’ bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi, istilah lain yang sering digunakan adalah ’Nursing Home’, dan ’Home Health Care’. Istilah Home Care atau Perawatan di Rumah merupakan salah satu bentuk pemberian Asuhan Keperawatan yang dilaksanakan di rumah oleh tenaga kesehatan profesional. Di Amerika bentuk pelayanan ini diberikan secara informal oleh perawat, caregiver atau voluntary. Biasanya istilah home care dicampur adukkan dengan isitlah non medical care atau custodial care yang merupakan perawatan yang diberikan bukan oleh perawat, dokter atau tenaga medis lainnya yang berwenang. Namun apapun istilahnya bentuknya sama yaitu pemberian pelayanan kesehatan di rumah klien sendiri.

Bagi kami di GRIYA AFIAT, kami mendefinisikan Home Care sebagai bentuk Asuhan Keperawatan Profesional yang diberikan secara profesional pada individu dan atau keluarga yang disebabkan oleh keterbatasannya dalam mempertahankan dan meningkatkan kesehatannya secara mandiri. 
Mengapa kami menyebut ’Pelayanan Profesional’ karena pelayanan ini di dasarkan pada ’evidence based’ bukan semata atas dasar pertimbangan situasional. Asuhan Keperawatan berdsarkan evidence based akan mengarahkan bentuk pelayanan keperawatan yang diberikan pada peningkatan derajat kesehatan.

Istilah Home Care atau Perawatan di Rumah merupakan salah satu bentuk pemberian Asuhan Keperawatan yang dilaksanakan di rumah oleh tenaga kesehatan profesional. Di Amerika bentuk pelayanan ini diberikan secara informal oleh perawat, caregiver atau voluntary. Biasanya istilah home care dicampur adukkan dengan isitlah non medical care atau custodial care yang merupakan perawatan yang diberikan bukan oleh perawat, dokter atau tenaga medis lainnya yang berwenang.

 

BENTUK PELAYANAN HOME CARE

Tujuan utama home care adalah memungkinkan klien mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sendiri. Sifat pelayanan yang diberikan dapat kombinasi antara pelayanan kesehatan professional dan pelayanan kesehatan non professional atau vokasional. Oleh karena itu secara jelas dapat dibedakan bentuk pelayanan profesional atau vokasional dalam konteks home care.

Contoh Pelayanan Kesehatan Professional:
·          Pemeriksaan kesehatan.
·          Pemeriksaan status psikologis.
·          Perawatan Luka.
·          Pendidikan kesehatan.
·          Terapi fisik.
·          Terapi wicara.
·          Terapi Okupasi.
·          Manajemen nyeri.
·          Pendidikan kesehatan.
·          Dll.

Adapun Contoh Pelayanan Vokasional antara lain:
·          Menyiapkan makanan.
·          Mengingatkan jadwal minum obat.
·          Mencuci pakaian.
·          Menjaga rumah.
·          Belanja ke  pasar.
·          Dll

KEMANA ARAH HOME CARE

Tahun 2005 diperkirakan 11.000 orang Indonesia berobat ke Singapura, mengapa? Kurang modernkah alat medis di Indonesia? Tidak. Kurangkah tenaga ahli di Indonesia/ Tidak. Masyarakat Indonesia yang berobat dan menjalani perawatan di Singapura rata-rata punya jawaban yang sama yaitu mendapatkan ‘pelayanan yang memuaskan’. Disinilah salah satu keuntungan konsep ‘Home Care’ karena pelayanan yang diberikan bersifat prima. Bilka kita hubungkan dengan Model Praktek Keperawatan Profesional (MPKP) maka pelayanan Home Care bersifat dilakukan oleh “Perawat Primer”.bersambung...
 

1 comments:

Joen Aysel said...

Ass. sy seorang perawat pa yg bekerja di puskesmas, sy jg pernah bekerja di rs dan pendidikan. saya bangga dg bpk setelah membaca blog dan profil bpk, sy tertarik utk mendirikan home care center di Cirebon pa. akan dengan senang hati bila bpk bisa sharing ke sy mengenai pendirian home care center dan cara pengelolaannya. atau mgk bs buka cabang di cirebon, sy siap mjd mitra pa. smh berkenan.mgkn bs share dg saya pa ke email : enjokjun@gmail.com atau Hp. 081823269 atau bisa liat blog saya www.sisteminformasimanajemenkesehatan.blogspot.com atau www.limkintipratama.blogspot.com

Post a Comment